Senin, 27 Februari 2012

Pengertian GIMP


Pengantar Gimp

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP merupakan aplikasi pengolah image berbasis bitmap dan bersifat open source. Aplikasi ini dapat diunduh dihttp://www.gimp.org
   GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan diplatform unix. Namun saat ini software ini sudah diporting ke beberapa platform sisitem operasi yang lain yaitu, MS Windows dan Mac OS. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jgp, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya. GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan kita dalam mengolah image dengan cepat.
   Pada toolbar GIMP menu file, dialogs terdapat optional yang membantu mempermudah kita mengedit :
1.    Select (Patch) mempunyai 6 tools yang pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama, dibuat berbagai jenis dengan maksud mempermudah user untuk melakukan seleksi. Seleksi digunakan untuk memisahkan gambar yang ingin kita manipulasi dari gambar aslinya.
2.    Color  Picker digunakan untuk memilih warna secara otomatis, misalnya anda mau memilih warna kulit manusia, karena takut pemilihan warnanya kurang cocok atau kurang tepat, maka anda bisa menggunakan tools Color Picker dengan cara mengklik warna kulit yang anda kehendaki.
3.    Modification Object biasanya digunakan untuk sebuah gambar atau object yang ingin dibesarkan – dikecilkan, miring kanan – miring kiri, membesarkan bagian bawahnya – atasnya saja, hadap kiri – kanan.
4.    Gradient/Gradasi yaitu tool yang dipakai untuk memberi efek gradasi
5.    Kuas dan pensil funsinya sama seperti kuas dan pensil pada computer
6.    Eraser yaitu tool ini menghapus object
7.    Healing yaitu tool yang berguna untuk melakukan transformasi koordinat-koordinat dengan hasil yang halus, sebagai contoh ingin menghilangkan tahi lalat, tinggal tekan tombol Ctrl + klik didaerah yang tidak ada tompelnya, Ctrl + klik hanya untuk mengambil source/sample. Next, diklik ketahi lalat yang ingin dihilangkan.
8.    Blur yaitu untuk melebarkan pixel agar menjadi samar-samar.
   Ada banyak pilihan logo yang bisa dipakai, contonya :
1.    3D OUTLINE
2.    ALIEN NEON
3.    ALIEN GLOW
4.    BLENDED
5.    BASIC 2
6.    BASIC 1
7.    TEXT CIRCLE
8.    CROME
9.    CHIP AWAY  
10. CARVED

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar