Senin, 27 Februari 2012

Pengantar Inkscape


Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz, sistem operasi berbasis Unix, danMicrosoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.
Open Source grafis vektor editor, dengan kemampuan serupa dengan Illustrator, CorelDraw, atau Xara X, dengan menggunakan standar W3C Scalable Vector Graphics (SVG) format file.

Inkscape SVG mendukung banyak sekali fitur canggih (spidol, klon, alpha blending, dll) dan perawatan besar diambil dalam merancang antarmuka. Hal ini sangat mudah untuk mengedit node, melakukan operasi jalan kompleks, trace bitmap dan banyak lagi. Kami juga bertujuan untuk mempertahankan pengguna berkembang dan komunitas pengembang dengan menggunakan terbuka, pengembangan masyarakat yang berorientasi.

Antarmuka Inkscape mirip dengan CorelDraw dan program menggambar sejenis. Ada kotak, elips, teks, gambar bitmap danfreehand curve. Menariknya, dalam Inkscape, objek vektor maupun objek bitmap dapat mempunyai transparansi alpha yang dapat diubah-ubah levelnya.
Inkscape memperbolehkan banyak file terbuka dalam satu waktu, bisa juga satu file dibuka dalam beberapa window terpisah. Gambar yang dibuat dengan Inkscape dapat dicetak atau diekspor menjadi bitmap PNG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar